Kamis, 04 Oktober 2012

Keracunan Makanan ? , … DEGAN – IJO Penawarnya !


Degan Ijo yang bermanfaat. Gambar:4ntun.blogspot.com

Tiba-tiba saja perut saya sakit tidak karuan dan tak tertahan ,… saya diare berat , berkali-kali , sampai lemas.
Suami menilpun sahabat saya, seorang dokter , tetapi dia lagi tugas keluar kota ,… aduh .
Sayapun minum Norit yang selalu sedia dirumah , kok masih sakit terus ya ?
“ Hayo ,… njajan apa tadi  ? “  suami saya tanya.
Iya juga , tadi sepulang kerja, saya beserta seorang rekan makan kupang lontong dijalan.
Kok masih sakit, rasanya sampai keluar keringat dingin.

Mertua saya masuk kamar sambil membawa segelas besar  ( gelas jemblung ) es degan.
Ah iya saya baru ingat , kalau sakit perut/diare , berarti salah makan , harus  diminumi degan ijo , kelapa muda hijau.
Kulitnya hijau , kalau dikepras  dalamnya agak merah kecoklatan.
Didekat rumah saya, memang ada bakul es degan yang mangkal disana.
Dan setelah minum – abis lagi – sim salabim , bener lho , kayak sulap , apapun yang tadi saya rasakan, mules, melilit , sakit dan diare langsung berhenti , lenyap seketika.

Saya ingat2 tadi, waktu makan  kupang lontong , kok goblognya saya, tidak minum es degan yang biasa ada di bakul kupang lontong.
Saya malah milih minum soft drink , jadilah pertempuran dalam perut saya.

Sebetulnya banyak yang tahu, kalau degan ijo/kelapa muda hijau  itu amat baik untuk penangkal/penawar kalau kita keracunan makanan laut.
Terlebih sekarang banyak makanan  beli luar yang pengolahannya dicampur dengan aneka zat /bahan kimia , juga daging/ikan  kurang segar.

Konon disamping untuk menetraliser aneka keracunan dari daging dan ikan, juga bisa untuk keracunan singkong , pestisida , arsenikum/warangan , jamur, tempe bongkrek dan banyak yang lain.

Katanya degan ijo itu juga baik untuk :
Demam Berdarah , minum degan ijo ditambah perasan jeruk nipis.
Luka-Bakar :  bubuk kunyit dan air kapur sirih plus air degan ijo, oles -- > rasa panas akan hilang.
Mencegah Kerutan di Wajah :  basuh air degan ijo di wajah ( klo ada yang nyoba, saya dikasih info ya ,… tx ).
Mencegah Uban  : Keramas dengan air degan ijo  yang dicampur  1 sendok teh garam.
Ssst , … meningkatkan gairah seksual , minum degan ijo dengan madu , katanya bisa merangsang pusat seksual tubuh ( klo ini dicoba , tidak usah melapor ke saya .. wkwk ).

Tetapi tidak rugi kok minum es degan ijo , di hari panas , pasti suegger  dan bermanfaat.
Eh , tapi kalau usaha anda tidak berhasil , seperti biasa , .. silahkan hubungi dokter anda !.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar