Sabtu, 26 Februari 2011

Trojan Horse Food (satu) : Bumbu Penyedap , … amankah ?

Selama ini jika lagi masak saya memang tidak pernah menggunakan aneka bumbu masak atau bumbu penyedap.

Lebih-lebih setelah diberitakan santer bahwa katanya vitsin itu mengandung zat yang berbahaya bagi kesehatan jika lama dipakainya. Dan sakitnya tidak main-main katanya bisa kena kanker.

Tetapi entah kenapa . akhir-akhir ini saya tergoda oleh iklan-iklan yang menyebut
bahwa aneka bumbu masak yang sekarang beredar dibuat dari bahan –bahan pilihan, terbuat dari daging asli, dan disertai gambar menggiurkan dipandu oleh chef yang lagi kesohor dinegara ini.

Caranya amat gampang, tidak ribet , bersih, karena tinggal sobek kemasannya
campurkan dibahan , goreng atau masak sebentar , selesai matang dengan nikmat., instant banget.
Kelihatannya amat praktis , terlebih bagi pemasak yang sibuk atau yang sedang malas didapur.


Sayapun mulai menggunakan aneka bumbu masak, jika lagi kepingin masak. kira-kira sebulan yang lalu. Ternyata iklan itu tidak salah, memang benar bisa menambah cita rasa masakan saya menjadi mak – nyeng … uenaak puol., rasanya jadi pas tenan.
Tapi ya itu, darah sayapun jadi ikut , mak-nyeng naik melenting



Rasanya leher belakang dan bahu amat pegal, berat dan kurang nyaman.
Benar saja, waktu diperiksa dokter tensi saya 180/110 , bukan main.
Sayapun diberi obat penurun tensi., sampai tiga macam.
Saya heran, padahal selama ini tensi saya manis-manis saja 130/90, untuk
orang seumur saya itu amat normal.


Saya termasuk orang yang rajin check kesehatan, setelah masuk rumah-sakit selama
tiga minggu lebih dan selalu menuruti nasihat dokter dalam gaya hidup seharian., eh,
enggak sih, kadang juga melanggar kok, biasa . manusiawi


Dokter mengatakan, saya mungkin salah makan, karena sayapun sempat check-lab.
Saya berpikir, apakah ini ada hubungannya dengan kebiasaan saya menggunakan aneka bumbu penyedap akhir-akhir ini ?

Tolong BPOM mau meneliti zat-zat yang terkandung di-aneka bumbu penyedap
yang sekarang amat marak beredar di-masyarakat., dan dengan harga yang relative
murah.

Meskipun kelihatan sepele, tetapi aneka bumbu masak itu bisa seperti Kuda-
Troya yang masuk kerumah warga warung, restoran, pusat jajanan dan makanan.
kantin, kaki-lima, sekolah, hotel dengan mulus.

Dan secara sengaja atau tidak, bakal dikonsumsi oleh tua-muda, laki-perempuan,
juga anak-anak dalam masyarakat.
Dan pasti bisa amat berbahaya bagi mereka yang kurang waspada.

Masih banyak lho orang yang kurang care tentang kesehatannya karena beberapa sebab,
dan yang tidak langsung ke-dokter kalau merasakan gejala yang kurang baik ditubuhnya,
dan baru sadar setelah terlambat


Jika BPOM menemukan sesuatu yang berbahaya bagi kesehatan masyarakat, untuk
produsennya diberi peringatan atau arahan agar tidak merugikan masyarakat banyak dan memperbaiki olahannya menjadi produk yang sehat dan ramah untuk tubuh manusia.

Ada baiknya diberi peringatan dikemasannya seperti pada produk rokok : Awas Berbahaya jika dikonsumsi : bagi wanita hamil, pengidap penyakit degeneratif
sakit jantung, darah tinggi, diabetes dan yang sensitive etc. etc
Jadi kami-kami akan berpikir beberapa kali dahulu , waspada dan lebih hati-hati
jika ingin mencobanya .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar