Senin, 25 Maret 2013

Pengumuman , … Ada 2 Jenderal Bule Menyapa Saya


Yang dari United Kingdom. Sumber:Facebook.com

Tadi malam saya membaca tulisan mbak Fey Down , tentang temannya  seorang dosen pria  Indonesia , yang diajak berkenalan dengan seorang Jendral wanita  berkulit hitam dari USA Army yang bernama Mayor General Marcia M Anderson . Di artikel itu disertai foto bu jendral yang kenyataannya memang ada betul personnya , tapi yang pasti bukan beliaunya yang kirim message – kurang kerjaan banget.

Di FB , saya membaca, ada seorang wanita Indonesia paruh baya , yang ditipu sampai milyaran oleh seseorang  bule yang mengaku usahawan  yang sedang kesulitan keuangan  dan lagi membutuhkan dana.
Si wanita ini baru sadar , setelah janji2 sang pengusaha  ganteng itu itu tidak kunjung datang.

Sekarang ceritera tentang pengalaman saya :
Sejak saya ikut FB , kira2 2 tahun yang lalu , memang banyak mendapat teman2 baik didalam ataupun luar negeri.
Jumlahnya sekitar 900 lebih dan rekan dari luar ada sekitar  80 -an orang.
Yang dari luar – pun beraneka ragam,wanita pria  dari umur 20 –an sampai 70 – an tahun.
Dengan profesi yang macam2 pula , dan gaya dan pribadi  yang unik2 juga.

Diantara mereka itu ada 5 orang yang mengaku berprofesi sebagai jendral , baik Angkatan Darat , Laut dan Udara.
Biasanya mengaku dari kesatuan  United Kingdom dan Amerika  Army , komplit dengan foto , pria bule ganteng dengan seragam angkatannya , umur paruh baya dengan rambut peraknya yang kira2 seumuran atau mendekati umur saya , oh , iya umur saya 67 tahun – betul enam-puluh-tujuh-tahun – itu saya sertakan di profile saya – baik di Kompasiana atau FB  komplit dengan tanggal – bulan dan tahun-nya.

Anak laki2 saya yang sudah lama mengenal internet banyak berceritera tentang penipuan via online  yang bernama Nigerian-Spam.
Cara yang dipakai , biasanya berasal  dari Nigeria – India – Pakistan – Myanmar –Filipina , mencari korbannya wanita2 yang tampak gampang di-gombali.
Mereka mengirim message disertai foto2 , biasanya bule2 ganteng – yang “ seolah “ terpesona dengan  “ kecantikan “ kita dan langsung jatuh cinta dengan janji  muluk2 – tetapi akhirnya --- minta kiriman duit karena mereka kesulitan ini dan itu.
Karena sudah “ kadung “ jatuh cinta , wanita2 malang itupun mengirim duitnya kepada si Nigerian-Spam itu , yang dikira bule ganteng    pangeran – dadakan “  -nya  dia.
Yang ini dari Angkatan Udara Amerika. Gambar:Facebook.com
Demikian , karena penasaran , saya klik profile mereka yang  ganteng2  paruh baya  dan mengaku jenderal dari negara2 terkenal itu.
Yang seorang ternyata dosen  kesenian dari Inggris ,  yang seorang adalah seseorng bagian service group – saya dan anak saya suka gurau , jangan2 itu bagian cleaning sevice dari ruang pak Jenderal beneran -  karena ruangannya kosong – dia iseng nyoba seragam boss-nya dan foto2 di meja Jederal itu , dan di sebarkan lah gambar2 itu.
Yang seorang  mengaku seorang dokter Angkatan Darat , dengan foto2 di ruang Rumah Sakit dan laboratorium  (? ) – tapi tiba2 dia menghilang raib tidak terlacak.

Dan yang dua ini, saya agak ragu2 , saya ketik profilenya, ternyata mereka berdua memang bekerja di Angkatan Lautnya Inggris dan yang satunya di Angkatan Udaranya Amerika , dua2-nya mengaku Jenderal dari kesatuannya masing2.
Antara satu dengan lainnya ada jeda yang cukup lama mengirim message-nya pada saya.
Yang  satu  sudah beberapa bulan lalu tahun 2012  , yang satunya baru akhir Januari 2013.
Melihat tulisan perkenalan , sepertinya cukup santun – bukan seperti tiga diatas yang langsung “ jatuh-cinta “ pada saya ,…  hihihi, aneh2 padahal foto saya ya biasa banget.

Untuk jelasnya saya sertakan dua foto Jenderal yang menyapa saya itu , siapa tahu andapun dikirimi foto yang sama , masih banyak fotonya yang lain dengan gaya yang berbeda – saya sebetulnya pengin ngerjain mereka – tapi khawatir jika itu bukan  Nigerian Spam,  tapi  memang perkenalan biasa.
Jika benar kasihan banget ya Presiden Obama dan Queen Elizabeth , kok Jenderal2 seniornya  kurang kerjaan , hobbynya ngirim2 pesan pada  seorang nenek di Indonesia.

Sekarang message2 spam mulai bertebaran lagi , dan mulai berubah arah , mereka mengirim ke wanita2 paruh baya , yang di pikir kesepian , janda  kaya raya – tapi goblog bin bloon sehingga mudah di kibulin..
Negerian Spam ini juga lebih jeli , foto2 yang dikirim biasanya – bule ganteng – paruh baya – berpangkat  -  dan kaya juga – pokoknya bisa  bikin perempuan2 mapan tersipu deh ,…. Ups.

Jadi bagi perempuan kaya di Indonesia – paruh baya dan mapan – sekali lagi , hati-hati dan waspada saja dengan tipu muslihat seperti itu.
Saya sudah  yang ketigakali menulis ini , tetapi tetap saja ada yang  bolak-balik kena tipu.

Hati-hati --- Warning  --- Waspada  -- Waspadalah.  !!!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar