Minggu, 03 Maret 2013

Michelle Obama , gebrak Bikin Tarian , atasi Obesitas


Evolution of Mom dancing. Gambar:www.tempo.co

Sesudah  Gangnam  Style disusul  Harlem Shake , ada lagi gebrakan tari yang di prakarsai oleh first lady Amerika – Michelle Obama , isteri Barrack Obama.

Katanya hidup tanpa hiburan ,  masih kurang asyik – harus ada sesuatu yang menghentak , sehingga dunia ini bergerak.
Ada satu gerak yang memicu , semua ikut mengekor – tidak ada yang jelas – dan tiba-tiba saja senyap menjadi ramai , meskipun itu  cuma suatu gerakan/tari ( ? ) – gerakan tanpa batas tanpa aturan , tetapi menjadi seru , cukup menghibur , membangkitkan kreatifitas yang kocak , menggetarkan adrenalin , sehingga menjadi keren.

Pertama tayang , orang pasti bertanya-tanya , dipikir seru2-an , agak konyol dan malu2  tapi menjadi ramai karena orang langsung hanyut mengikutinya.
Jadilah tarian  itu seolah menghentak dunia dan mewabah bagaikan virus yang tak tertahankan , menyapa setiap orang , menjadi trend.
Orang  bergembira-ria  , bergairah , kocak , tertawa dan seolah ingin melepas beban yang menghimpit kehidupan mereka barang sejenak.

Sesudah orang agak bosan dengan Gangnam Style, muncul Harlem Shake yang aslinya berasal dari Ethiopia , yang terus menyebar ke Amerika – Harlem, terus melanda dunia.

Sekarang ada gebrakan baru – Evolution of Mom Dancing – di-cetar-kan oleh Michelle Obama, isteri Presiden , merupakan suatu gerakan yang di organizer – bersifat universal –kalem – asyik – dan merupakan gerakan anti obesitas – yang saat ini banyak diderita oleh generasi muda Amerika.
Gerakan2-nya adalah mencontoh dari  ribut-ruwetnya gerakan seorang ibu dalam kesehariannya mengelola rumah tangganya.
Ada gerakan2 mengambil sesuatu di rak , cuci , mengasuh anak , memasak – kesemuanya dilakukan dengan kocak dan tanpa beban – sambil ketawa-ketawa – menjadikan  peran seorang ibu menjadi menyenangkan– menari menghilangkan ke suntukan dan menjadi kan tugas  terasa  ringan  - have fun ya have fun – sejenak  , nanti kalau bekerja ya bekerja lagi.

Ada misi khusus dari gebrakan ini , yaitu untuk mengatasi obesitas dikalangan penduduk Amerika  yang amat tinggi.
Obesitas cukup menjadikan sesuatu yang mengkhawatirkan bagi kesehatan dan kesejahteraan mereka , harus ada trobosan baru – yang menyenangkan sekaligus menguras lemak mereka. Tarian ini terus meroket membuntuti Harlem Shake yang fenomenal.

Dan sekarang Indonesia ? – Hello , kemanakah jagoan2 tari Indonesia yang penuh kreatifitas itu ? – Jangan kalah dong – ayo ciptakan tari yang asyik -  syik – syik dan bisa menggetarkan dunia dan membuat dunia kalang kabut untuk mengikuti tarian ciptaan khas Indonesia.
Ada memang tarian Indonesia yg mulai muncul ,  berasal dari person seorang polisi Sukabumi , bernama Iptu Supriatna – lebih dikenal sebagai  Ikong Daratista .
Saya pernah melihat – tariannya diambil dari goyang Inul , Dewi Perssik dll  penyanyi penari Dank-Ndut  ( goyang Itik – Zaskia ? ) , musiknya sih mungkin bisa menggerakkan masa – tetapi ada beberapa yang sepertinya sulit ditiru , seperti kayang2 gitu.
Kalau terlalu sulit ditiru , orang jadi malas untuk melakukannya.

Kemarin saya sempat melihat IMB ( Indonesia Mencari Bakat ) di Tran teve – kok saya terpesona dengan suatu tarian – Jathilan – Iramanya rancak menghentak dan ada degung yang  * agak2 mistis *  cantik sekali.
Sebetulnya itu tarian rakyat tapi kemarin saya lihat sudah di modifikasi oleh seniman2 tari  Jogya lulusan sekolah/fakultas Seni Tari  ( kalau salah ,mohon di koreksi )– jadi bisa amat  memukau.
Saya pikir tarian itu bisa di lempar ke luar – dengan kerja keras Pemerintah dan seniman2 Indonesia – pasti akan berhasil menghentak dunia dan menjadikan setiap insan di bumi ini  jadi ter gila-gila dengan tarian hebat made in Indonesia.
Ah , saya selalu berharap dengan  impian elok  seperti itu.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar