Jumat, 17 Februari 2012

Nigerian Spam : Pencari Jodoh Dikibulin , dan Saya Digodain.

Banyak para lajang yang merasa terjebak saat mereka berusaha mencari jodoh di-media online.
Di Kompasiana juga pernah tayang, bahwa merekapun banyak yang merasa dikibulin waktu mencari calon “ belahan-jiwa “ di dunia maya itu.
Kadang mereka bisa berkelit , bahkan ada yang ganti “ ngibulin “ pacar bayangan mereka , tapi tidak sedikit yang ditipu habis2-an, materi dan moril.

Antara Cinta dan Benci. Sumber Gambar:draneeptarmidi.blogspot.com

Saya sendiri , seorang ibu yang masih glamur,…maksudnya sih Golongan Lanjut Umur, alias sudah sepuh , ..hehe , sweet-dak-an , umur saya sudah 66 tahun lebih .
Juga pernah mengalami hal yang nyrempet-nyrempet “ gaya cinta “ seperti itu, meskipun saya tidak sedang mencari cinta lebih-lebih mencari jodoh.

Karena saya suka dengan acara Oprah Windfrey dan Rachael Ray, sayapun bergabung dengan FB mereka.
Dan hasilnya ? , sayapun mendapat beberapa kenalan dari berbagai Negara dan ras.
Juga berbagai kalangan, sehingga bisa mengenal lebih banyak lagi kehidupan yang lebih beranekaragam dan berbagai jenjang social., dari segala pelosok dunia.

Ada ibu setengah baya dari USA ,juga seorang bapk negro tua, juga seorang surfer muda dari Australia.
Ada bule ganteng , agak tua , tapi masih oke ( ingat2 kayak bintang film Hollywood, cuman lupa film apa ), yang membuka kata perkenalan dengan sapaan manis dan indah.
Juga ada type Mexican, berkumis, ganteng , tengah baya , berdiri didek kapal pesiar , gambar lain berkacak pinggang didepan rumahnya ( katanya ) yang megah di UK.

Kemudia saya menerima message :
Hi Angel ,
You have a wonderful and charming look of which everyman that knows something good must appreciate the good creature of the Almighty.
Since the first time ,…..etc ..etc …saya nggak sampai hati nulis terusannya disini….pokoknya norak banget.
Dengan foto seorang bule well looking, mantap, rambut perak putih dengan seragam militernya yang mempesona.
Duduk gagah dimeja kerja mewah dan latar belakang beberapa bendera.
Dia mengaku seorang top officer dari USA Army ( hihihi,..difilm apa ya )
Mungkin jendral di Amerika sekarang kurang kerjaan ya , jadi main FB 2-an.

Karena perkenalannya “ kok gitu sih “ saya tidak membalasnya., beberapa kali menulis dan bersedia datang menemui saya , saya malah curiga, karena katanya wajah saya selalu terbayang dimata dan hatinya , nah lo , aneh ! – kapan juga kita pernah tatap muka , mungkin cuma lihat foto saya di FB kok bisa terbayang-bayang.
Di FB saya pasang foto saya biasa , dengan tanggal lahir komplit , tidak pasang fotonya Maddona atau Marilyn Monroe.
Dan terus terang , saya amati foto saya , samasekali bukan jenis foto yang bisa bikin orang terbayang-bayang atau bahka mabuk kepayang.

Menurut anak saya, yang sudah lama kenal internet, itu suatu trik dari Nigerian Spam.
Suatu praktek penipuan yang dilakukan oleh oknum warga negara Nigeria, yang terpuruk kehidupannya.
Dengan melalui internet dan memalsu identitas.
Triknya macam2 dan gayanya aneh-aneh, dan dengan foto yang meyakinkan , pakai photoshop , dia bisa pasang foto siapapun dan model gaya apa saja
Ditengarai sekarang banyak dilakukan oleh oknum wn India , atau yang mengaku orang India

Kebetulan anak saya juga sering menerima spam semacam itu.
Ada gadis duapuluhan yang minta tolong , karena ayahnya meninggal dan punya warisan tambang emas yang besar,,,hihihi, mungkin dia kira anak saya Indiana Jones kali ya ?
Seorang wanita punya bank , bingung ngurus duit dibanknya , juga seorang nenek yang sakit kanker stadium 4 , tidak punya keluarga dan punya warisan banyak sekali poundsterling, dan banyal lagi.trik yang lain.

Caranya,..jika perkenalan sudah terjalin, dan anda sudah terpana dengan gombalannya.
Dia akan menuntun anda dengan kesulitan yang dikarang, sehingga dia membutuhkan uang cepat dan anda sebagai “ kekasih “-nya mau memberikan uang anda demi cinta.
Sesudah itu ? , selesailah ceritanya.
Peringatan ini sudah berkali ditayangkan, tetapi tetap saja ada yang bisa kena tipu.
Sepertinya mereka juga cukup jeli, jika dilihat calon korbanya ibu-ibu, mereka pasang gambar pria paruh baya yang handsome dan mantap.
Jika lelaki muda , kayak anak saya, bakal tayang gadis cantik yang “ bukan sekali pandang “ kalau lihat pengin lihat-pandang lagi.


Jadi harapan saya, untuk warga Kompasiana, jangan percaya jika ada salam perkenalan yang menggebu., juga foto yang mempesona , ter- lebih dari luar negeri, mohon waspada.
Mungkin memang ada yang baik dan serius, tapi kebanyakan pasti spam.
Pokoknya kalau dia mulai bicara tentang uang dan memuja-muji anda berlebihan , lebih baik putuskan saja.
Daripada mikir macam-macam dan kebingunan,lebih baik tidak usah dilayani., dan anda aman.

Waspada-waspada-waspada-waspadalah-tetap waspada-hati-hati –tetap waspada.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar