Sabtu, 11 Mei 2013

Firasat Gerhana Matahari Cincin 10 Mei 2013


Gerhana Matahari Cincin. Gambar:aranshare.blogspot.com

Waktu gerhana  Matahari cincin tanggal 10 Mei 2013 yang baru lalu – saya ingat bahwa di buku primbon ada tulisan tentang tanda2  firasat tentang jagad raya .
Saya buka primbon ortu saya – tapi ternyata  bulan terjadinya pakai bulan Jawa --- wah ,

Saya langsung tanya sama dik Google - mestinya dia lebih muda dari saya ya ? .. hehehe.
Ternyata harus muter bentar – baru tahu kalau tanggal 10 Mei 2013 itu tanggal 29 Jumadilakir 1946  … tapi saya pernah baca kalau hari itu tanggal 1 Rejab/Rajab – yang benar terserahlah. ( mudah2-an ini yang Jumadilakir , firasatnya enakan…. )

Saya hanya ingin memberi tahu firasat yang ada berkenaaan dengan gerhana itu – tentu tidak usah terlalu dipercaya – hanya sebagai pengetahuan agar kita lebih waspada saja.

Saya tuliskan firasat yang terjadi jika ada gerhana – tapi pakai hitungan bulan Jawa.

REJAB  1946  :  katanya mulai 10 Mei 2013
Tanda akan datangnya paceklik , banyak maling dan kerusuhan.  Banyak kemungkinan akan timbullnya peperangan besar.

RUWAH  :
Banyak pohon2 yang rusak. Pembesar2 banyak yang tidak menepati janjinya dan rakyat menjadi menderita.

PUASA  :
Banyak kelaparan , penyakit dan mahal pangan.

SAWAL  :
Sering terjadi perselisihan faham dikalangan pembesar2.
Banyak hujan-angin/bencana, banyak penyakit dan pangan jadi mahal.

APIT/DULKAIDAH  :
Keadaan kurang baik – banyak bencana  tetapi keadaan baik

BESAR  :
Keadaan amat baik , makmur – murah sandang/pangan – rakyat hidup makmur – banyak orang dapat pangkat dan derajad.

SURA  :
Banyak orang mengingkari janji, kurang  bersyukur kepada Tuhan YME.
Orang2 kaya hidupnya gelisah sebaloknya rakyat miskin gembira hidupnya.
 

SAPAR  :
Sering terjadi bencana – angin dari segala penjuru – jarang hujan.
Mahal sandang pangan , lautan banyak gelombang.

MULUD  :
Banyak bencana , angin hujan petir dan halilintar , tanaman banyak yang rusak.
Banyak orang menderita, pembesar2 banyak susah hati – banyak orang sakit dan meninggal.

BAKDOMULUD/RABINGULAKIR  :
Banyak kerusuhan , kejahatan , penipuan , perampokan .
Banyak orang pindah tempat tinggal.

JUMADILAWAL  :
Banyak orang gelisah , gundah , bimbang ragu – bencana alam masih sering terjadi.

JUMADILAKIR  :
Keadaan akan menyenangkan –sawah2 berhasil melimpah ruah juga hasil bumi .
Banyak kedatangan orang2 baru.

Begitulah kata primbon – sebaiknya yang baik kita percaya – yang kurang baik kita waspadai sambil tetap berdoa dan berusaha sebaik mungkin .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar