Sabtu, 18 Mei 2013

Tertawa , … Pertanda Sehat dan Bahagia

Gambar: kesehatan-kuliner.pelitaonline.com
Kita pasti merasa sehat jika terbebas dari penyakit –sehat dalam arti fisik dan mental tentunya.
Tetapi apakah kita merasa bahagia  ?.... mmm, katanya bahagia itu tidak usah dicari jauh-jauh , karena justru bahagia itu ada   didalam masing2 hati kita .
Dan ternyata salahsatu indikasi seseorang bisa  disebut bahagia adalah dengan mudah atau tidaknya kita bisa tertawa ,… lho kok  ?

Menurut penyelidikan , tertawa itu –mulai dari cekikikan sampai terbahak yang lepas, merupakan olahraga ringan yang bermanfaat untuk menurunkan emosi dan melancarkan saluran pernafasan  dan sirkulasi dalam tubuh , berakibat langsung terhadap peningkatan fungsi system kekebalan tubuh.
Tertawa juga meningkatkan jumlah sel-sel pembasmi penyakit dalam tubuh sehingga membuat kita merasa bertambah tegar dan segar.

SATU  :  Pendorong anti Depresi .
Menurut Dr .Sharon Dammer dari Universitas Michigan – mengatakan bahwa humor dalam psikoterapi berguna untuk mengatasi kecemasan dan kemarahan, memperdekat kepribadian , meningkatkan motivasi, menciptakan atmosphere kedekatan dan kebersamaan , untuk mengendalikan situasi dan emosi dalam hidup.
Humor juga merupakan senjata ampuh untuk mengurang depresi (Handbook of humor psychotherapy)..

DUA  :  Menghilangkan   Rasa  Sakit.
Saat kita tertawa , jaringan di otak akan memberi rangsangan listrik.  Rangsangan ini memicu terjadinya reaksi-reaksi kimia dalam otak  dan bagian2 lain pada tubuh yang bermanfaat positif , antara lain sistim endoktrin/hormon akan memerintahkan otak untuk mengeluarkan zat pembunuh rasa sakit secara alamiah.

TIGA  :   Mendorong  Jadi  Lebih  Kreatif  dan  Inovatif.
Tertawa membuat orang lebih bergairah dan berada dalam good mood . Kegembiraan dapat mempengaruhi kerja otak seseorang, sehingga ia mampu mengatasi masalah yang memerlukan daya pikir dan inovasi.
Orang yang gembira dapat mengorganiser informasi dengan lebih baik dan lebih kreatif dalam bekerja . Seseorang dengan good mood bisa memiliki hubungan yang baik dengan orang sekitar karena ia memiliki pikiran positif yang berstimulasi didalam otaknya, sehingga ia memiliki begitu banyak ide – meningkatkan seseorang dalam pengambilan keputusan dan kemampuan ber negosiasi.

EMPAT  :  Urat tertawa  Harus  Terus  Diasah 
Menurut  William Frey, MD dari Universitas Stanfort USA , seorang peneliti humor mengatakan :
Meskipun bukan merupakan obat terbaik, tetapi merupakan salah satu obat manjur untuk kesehatan dan kebahagiaan.

**.Anda sulit tertawa  ?
Cari dan temukan profil humor anda ,  hal-hal apa yang membuat anda mudah tertawa.
Bahan bacaan , film atau ceritera humor dari teman.
Mungkin juga nonton tayangan humor di televise.internet.
** Sering berkumpul dengan rekan2 yang gemar bercanda dan punya pikiran positif.
Berkumpul dan ber interaksi dengan mereka , anda akan bisa mendapatkan masukan humor lucu – siapa tahu bisa membuat anda geli atau tertawa lepas.


Caprib  :
Kejenakaan itu sering kedok belaka.
Apabila kau renggutkan, kau akan  termui dibaliknya genius yang kesal hati atau sulapan kecerdikan.
          ( Anonymous )



Tidak ada komentar:

Posting Komentar