Rabu, 29 Mei 2013

Lansia : Harus Tetap Berjiwa Muda


Lansia tetap Semangat. Gambar : www.klikgame.com

Tadi pagi saya melihat tayangan teve baru kita – Teve –Net , ternyata hari ini adalah hari Lansia – 30 Mei .
Yang termasuk Lansia itu berumur diatas 60 tahun , saya termasuklah – karena umur saya hampir 68 tahun.
Acaranya , saya agak terlambat melihatnya – adalah acara yang diselenggarakan oleh – suatu komunitas yang menyebut diri mereka sebagai  ** Senior Indonesia.
Disana ada acara pertemuan – nyanyi2-menari juga ada beberapa peragaan busana juga pameran hasil kerajinan para lansia itu. Di jelaskan juga bahwa bukan hanya itu kiprah mereka – tetapi ada juga beberapa aksi social dan bakti social.

Digambarkan lagi beberapa kegiatan para lansia diluar negeri – mereka yang sepertinya sudah berumur diatas 80 tahun sedang diajarkan menari zumba (?) –mungkin dari Amerika Latin (?) oleh seorang pelatih setengah baya.
Pelatihnya sih memperagakan tarian dengan berdiri tetapi pengikutnya – para lansia itu ,mengikutinya sambil duduk dikursi dan diberi alat musik/maracas  yang dipegang ditangan dan mereka bisa menggerak-gerakkan seirama dengan  irama yang didengar.
Banyak juga yang hanya bisa menggerak2-kan kakinya yang lemah – tetapi ada sinar kegembiraan diwajah mereka. Mereka bahkan sedang merayakan salahsatu rekan mereka yang berusia 105 tahun, kebanyakan sudah sulit untuk berdiri.

Tiba2 saya ingat masih punya sebuah buku tentang lansia – karangan Herbert N.Casson yang berjudul  : How to have eighty years of youth – berisi bagaimana seharusnya prilaku seorang lansia menghadapi hari2 tua-nya dengan tetap bersemangat muda.

Beberapa tulisan dalam buku ini saya  rangkum  saja – karena banyak kata2 yang bagus dan patut direnung dan dijalani oleh kami- kaum tua ini.

***  Memelihara semangat muda meskipun telah melewati hari2 yang sulit dan berat dan kita percaya kepada kebenaran dan kebaikan adalah satu2-nya jalan untuk mendapatkan kebahagiaan hidup yang sempurna.

*** Selama orang tetap berpikir , belajar dan mencintai manusia2 lain dan memperhatikan segala sesuatu yang ada disekitarnya, ia tidak usah khawatir jiwanya akan menjadi tua.
Orang yang mempunyai otak aktif didalam tubuh yang sudah tua , memiliki kearifan yang tidak pernah dimiliki oleh orang2 muda.

*** Orangtua yang tetap berhati seperti anak2 , merekalah mahluk yang paling berbahagia. Ketuaannya tidak membinasakan semangat muda dalam dirinya – ia tak membayar kearifan terlalu mahal dan menjadi patah semangat.

 *** Banyak orang yang mulai mem-beku ketika melewati setengah umur . Ia tidak mau belajar lagi – ia sudah puas dengan apa yang ia ketahui dan mengira sudah tahu  semua yang patut diketahui.
Mr.Know –it-all – sang mengerti se-gala2-nya !. Kita banyak menjumpai orang2 yang seperti itu di-mana2 – ia memborong semua ke –arifan ,  ia tidak pernah salah,tidak pernah melakukan suatu kesalahan.
Biasanya ia suka meng-kritik , dan tak bisa di ajar lagi . Ia masam apabila ada orang yang bersukaria dan bersuka cita dan ia kurang menghargai orang2 muda dan gagasan2 baru.

*** Banyak orang tua yang mengangkat dirinya sebagai penasihat agung – dan trik2-nya banyak yang bersifat melarang atau mengingat kan  ( … hehehe , iya kale ya  ?—sorry )
Ia sering  “menghukum “ orang2 muda jaman sekarang dan membicarakan masa lampaunya yang hebat – ia yakin dunia makin lama makin buruk.
Ia memastikan jika pendapatnya harus diterima, justru karena umurnya yang sudah lanjut itu. Sudah barang tentu ini  sifat bodoh dan ia akan menjadi orang yang paling tidak disenangi di suatu kelompok.
Jika ia tidak mau belajar dari orang2 muda, maka orang yang mudapun jarang yang mau belajar padanya – ia tidak mau kontak dengan generasi muda – sungguh suatu kekeliruan yang fatal.

*** Barangsiapa yang mau awet muda , harus menjadi orang yang menyukai TAWA dan SIMPATI . Kedua unsur ini banyak pengaruhnya dalam mamper-MUDA dan me-remaja-kan orang. Hal itu memungkinkan pada kita untuk memperbanyak kawan.
Salah satu akibat yang sangat mengganggu usia tinggi adalah kekerasan.
Orang2 tua diantara kita masih bisa menikmati kelucuan dan kejenakaan dan menaruh perhatian pada orang lain dan bisa setindak dengan anak2 muda.
Ingatlah , kita membayar terlalu mahal untuk usia kita yang tinggi ini , jika kita tak bisa lagi tertawa dan tidak lagi ada  rasa simpati.

Mungkin ada gunanya bagi sobat2 seumuran dan bagi sahabat2 muda saya – mudah2-an hal inipun bisa bermanfaat.

SELAMAT  HARI  LANSIA   30  MEI 2013  --- >  Tetap  Semangat  !!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar