Jumat, 14 September 2012

Jamu Tradisional untuk Rheumatik Pada Kaki

Meracik jamu. Gambar:suaramerdeka.com

Kemarin malam kok tiba2 kaki kanan kaki saya terasa sakit sekali ,  seperti keseleo.
Tidak ada luka , lebam atau bengkak , tapi dengkul terasa nyeri.
Seharian itupun saya tidak beraktifitas yang extra , biasa saja , … keseleo dimana ya?

Rencananya sih  , meskipun malas , besoknya akan  kedokter .
Mungkin saya salah posisi tidur , seperti kata anak saya.
Siangnya kok tetap sakit , meskipun sudah saya gosok dengan balsam otot , rasanya njit-njitan merasa ragu untuk melangkah.

Sorenya ternyata , ada salah seorang tante saya yang datang kerumah .
Tante ini di keluarga terkenal sebagai pembuat jamu yang rajin bikin jamu2 tradisionel Jawa .
Melihat kaki saya sakit , langsung beliau ke supermarket dekat rumah.
Dan beberapa saat kemudian , didepan saya sudah tersedia ramuan olahan dari resep beliau untuk kaki Rheumatik , kata beliau.

Ramuan itu terdiri dari  :
---  7  kaki ayam/ceker , patah dua dan geprek.
---  7 biji merica utuh
---   2 jempol jahe  , iris kasar , geprek
---   5 siung bawang putih , geprek .
Semua direbus dengan 3 gelas air , menjadi 1,5 gelas.
Minum sebelum tidur.

Eh , ternyata sembuh lho esoknya , entah kebetulan atau ini memang benar2 berkhasiat , saya tidak mengerti , tapi yang jelas , kaki saya tidak terasa sakit lagi.
Boleh dicoba, kenyataan beliau sampai umur 82 tahun masih bugar.
Tidak pakai kacamata , tidak juga pakai alat bantu dengar , apalagi kursi roda.
Jalannya masih cekatan, kesana sini sendirian dan bisa mengurus diri tanpa bantuan orang lain.
Pola makan beliau sederhana, sayur-sayuran , sambal dan ikan/daging  satu iris setiap makan atau telur 1 butir , gaya makannya lambat seperti dinikmati.
Kapan2 saya akan berceritera tentang beliau
Karena saya bisa sembuh mendadak ,  jadi  mau tidak mau , saya harus percaya pada beliau.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar