Minggu, 02 September 2012

Perlu Keterbukaan Soal … SEX


Pernak-pernik Cinta. Gambar:blog.codingwear.com

Curahan  Hati  :

Saya , wanita , dibesarkan ditengah keluarga yang bersikap konservatif.
Dibesarkan oleh seorang ibu penuh santun , dan selalu tertutup soal kehidupan sex dan , yang menurut bunda  penuh dengan segala pernak-perniknya.
Segalanya dibicarakan sangat tersamar , kadang membingungkan , sehingga harus tanya/baca diluar rumah.
Sekarang usia saya 37 tahun , punya seorang gadis.

Saya merasakan yang mungkin dirasakan oleh ibu saya dahulu.
Merasa rikuh untuk memberi penjelasan soal seks , seperti yang selalu dianjurkan akhir-akhir ini  , terbuka pada anak.
Namun lidah saya kelu jika akan memulainya.
Saya percaya pada moral anak saya , saya memberikan pendidikan agama yang cukup.
Namun saya justru khawatir , karena kurang pengetahuannya, ia bisa terjerumus.
Bunda pasti mengerti dengan pergaulan anak2 jaman sekarang .
Anak saya berumur 13 tahun , sudah haid , dan wajahnya cukup lumayan.
Apa yag harus saya lakukan bunda ?.


Swandari`s  Mind  :

Remaja 13 tahun, amat membutuhkan seseorang dekat , tempat ia bertanya , mengeluh dan mengungkapkan isi hati .
Pada umur itu banyak perubahan2 yang terjadi pada dirinya , menuju ke kedewasaan.
Jadi pendekatan penuh kasih sayang dan pengertian yang dalam harus anda berikan.

Jangan hanya suka memerintah , melarang dan meng- kritik saya , tanpa penjelasan.
Contoh yang nyata , tentang pernak-pernik “wanita “ dari orangtua amat mengena , juga  dalam membina watak/kebiasaan pribadinya dikemudian hari.
Jika ia sudah menganggap dan yakin anda sebagai orangtua yang bisa dipercaya ,  dan akrab., bolehlah sedikit bercanda, jangan terlalu keras.
Maka berbagai persoalan akan gampang terselesaikan.

Persoalan yang bersifat pribadi, lebih baik kita bersikap terbuka.
Khusus tentang haid , perubahan bentuk badani dan sex, memang harus hati2 menjelasakannya.
Jelaskan dengan  wajar saja ,  jangan menakut-nakuti secara berlebihan tentang segala akibat dari kehidupan  sex.
( Saya harap anda banyak membaca buku2 pengetahuan tentang kesehatan dan alat2 reproduksi  manusia ).

Jelaskan secara manusiawi, bahwa hal seperti itu, akan dialami oleh setiap wanita ,bukan aneh dan bukan pula tabu.
Bisa dibicarakan dengan akrab penuh  pengertian dan pengetahuan  yang lengkap.
Dia boleh tanya apa saja, dan anda harus siap menjawab semua dengan sabar .
Anda harus ingat disekitar dia, bertebaran segala hal tentang warna-warni  kehidupan yang kadang  melenceng dari norma2 wajar.
Hati2 dengan hape dan internet , mereka seperti pisau bermata dua.
Lebih baik anda memberi pengertian dasar yang baik bagi putrid anda sejak awal, sebelum dia melangkah keluar, ke pergaulan yang lebih luas.


Swandari`s  Mind  : 
Bercanda dalam Pernak-Pernik Cinta dan Berbagi Hati dalam Warna-Warni Kehidupan.


Caprib  ( Catatan Pribadi )  :
Dengan ilmu pengetahuan, orang mencoba mengendalikan tenaga alam disekitarnya.
Tetapi melalui Agama, orang mencoba mengendalikan tenaga alam yang ada didalam dirinya sendiri.
     ( DR . Werner Von Braun ).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar