Sabtu, 23 Februari 2013

DarLing DangZa ,… Ini gampang dan Enak


Add DarLing DangZa yang lezat. Gambar:food.detik.comcaption

Dalam setiap minggu – dari hari Senin sampai dengan Jum’at , pola makan saya adalah gaya Rumah-Sakit
Gaya Makan sehat- banyak sayuran ,sedikit garam/bumbu serta gorengan setiap makan cuma boleh seiris/sedang –daging, ayam atau ikan.
Tetapi pada hari Sabtu dan Minggu, saya boleh makan apa saja , yang saya ingini, tentu dalam batas2 kewajaran, tidak berlebihan.

Kemarin di FB – mbak Romana Tari/Bidan Care , menayangkan aneka hidangan yang sehat dan segar – ada urap2-an , cah kangkung , ayam goreng dan gurameh terbang.
Saya dengan Oma Eni K kok sampai ter-ngiang2 memimpikan masakan2 itu… nyam2.
Sudah agak lama tidak membuat urap2-an dan cah kangkung, masakan tradisional yang menggugah selera-kemremyes sayur segar serta bumbu  gurih legit –nya itu lho.

Tadi pagi saya membuat urap2-an dan ayam goreng – ditambah krupuk uwel yang kremes2 – wis , bisa lalu lupa segala.
Terima kasih untuk  anak bunda yang cantik - ananda Tari , bunda diingatkan resep sedap dan sehat itu ,.. ssstt , ayamnya bunda hanya makan dikiiiit banget, jangan lapor dokter ya ,… hihih.

Sekarang saya mikir, besok enaknya masak apa  ya , hari Minggu , sepulang jalan santai.
Oh iya, saya ingat dengan resep  “ ciptaan “ pribadi  , dari hasil rekayasa utak-atik mie-instan.
Kata suami , saya paling pinter jika berkreasi dengan mie-instant- dari situ saya bisa bikin  cap-jae , fu-yung-hay,  ifu-mie , martabak , lumpia , schotel  juga ote2. ( .. yang pinter masak tidak usah senyum-geli ya …rhs kok )

Ada satu lagi yaitu  Darling –Dangza , hayo masakan apa ini ?
Itu singkatan dari  - Dadar-Guling-Udang-Lezat – itu kreasinya orang yang kurang kerjaan pasti , tapi enak kok dan bikinnya guampang banget.
Karena saya orangnya memang suka praktis ( kata lain dari “ malas “ kok) , -resep saya serba kilat - - ½ jam saja cukup didapur dan sudah dapat makanan lezat tersedia  
Mau coba ? ,  Ini caranya  :
 
Bahannya  :
  1. Mie instant goreng satu bungkus.
  2. ¼   dada ayam , iris acak
  3. 5 udang sedang , iris per-ekor jadi 4 potong
  4. 3 sosis, iris serong sedang
  5. 2 bakso iris kecil-kecil
  6. 1 wortel sedang , iris kecil-memanjang
  7. 2 lembar daun kol,iris tipis
  8. 1 batang seledri iris tipis
  9. 1 batang prei. Iris serong tipis
  10. 4 telur ayam
  11. Tomat, timun dan slada.
Bumbunya :
  1. 3 siung bawang putih, iris tipis
  2. ½ bawang Bombay, iris acak
  3. 1 lombok besar , iris serong
  4. garam . gula ,mrica , minyak wijen , saos tirem, kecap asin/manis sesuai selera.
Cara  Masak  :   (.. seperti bikin orak-arik… )
  1. Tumis bawang , bw.bombay dan lombok besar
  2. Masukkan udang,ayam, , sosis , bakso , aduk terus
  3. Wortel ,kol- masukkan bumbu mie instant
  4. Pecahkan satu telur, kocok – masukkan dan aduk
  5. Masukkan mie-nya , beri sedikit kaldu , agar tidak lengket
  6. Koreksi rasanya, tambah bumbu sesuai selera.
  7. Kalau sudah pas ,sisihkan.
Bikin  Dadar-Guling  :
  1. 3 telur pecahkan , kocok beri sedikit garam dan merica
  2. Dadar 1/3 kocokan , jika sudah matang – angkat , beri mie secukupnya , kemudian gulung berbentuk guling/seperti lumpia.
  3. Ulangi lagi – sampai jadi 3 gulungan dadar yang padat dan gendut.

Darling Dangza ini enak dimakan untuk lauk , bisa juga jadi kudapan/snack , pagi sepulang jalan pagi – sambil minum teh/kopi – pasti nikmat.
Slada , timun dan tomat untuk garnis, juga enak dan segar untuk ngganyang Darling-Dangzanya yang gurih.
Selamat Hari Minggu , have a nice day  untuk seluruh sobat dan  keluarga.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar