Kamis, 21 Februari 2013

Harlem Shake Gantikan Gangnam Style ?


Asal Harlem Shake. Gambar:www.kaskus.co.id

Rupanya tarian baru Harlem Shake bakal menggusur Gangman Style yang heboh itu.
Dalam video yang berdurasi 31 detik yang diposting melalui melalui Twitter dan situs resmi club Manchester City.
Dimulai ketika para pemain melakukan pemanasan , berbagai kostum dipakai, terutama topeng Moonchester, yang merupakan topeng mascot team, kemudian banyak memakai kostum lain , banyak yang ala super hero.
Tarian absurd H.S. tengah merajalela dengan gaya sesukanya .
Harlem Style  dimulai dari Harlem pada tahun 1981, terinspirasi dari tarian Ethiopia yang disebut Eskista , kemudian menyebar ke Amerika dan konon sekarang mulai mendunia.
Diramalkan bahkan bisa menggusur Gangnam Style, karena setiap hari ditonton oleh lebih dari 4000/hari dan diunggah oleh Youtube.

Saya pernah beberapa kali melihat HS, entah karena terbiasa melihat tarian2 Jawa yang santun dan teratur indah rapi – kok malah bingung melihat HS.
Tergambar banyak orang , berpakaian sesukanya dan ketika seseorang mulai menari, diikuti oleh yang lain dengan tidak beraturan, pokoknya gerak ,kadang malah ekstrem, berlebih2-an tidak karuan, menghadapnya juga sesuka gue saja.
Coba sekali-kali lihat tarian konyol itu, bingung enggak kira-kira , lagunya / iramanya juga ,… gimana ya  ? … tradisional  banget.

Saya berpikir, kenapa orang Indonesia tidak ingin mengambil alih perhatian dunia atas tarian yang bisa merajalela menyebar seluruh dunia ?   Pasti asyik , jika nama tarian Indonesia bisa men-dunia.
Yang diperlukan mungkin tarian yang sedikit cepat gerak , lagu gampang diterima dan gampang dihapal. Saya kira  banyak  tarian seperti itu ada di Indonesia.

Ayolah masyarakat tari Indonesia, ciptakan tarian khas Indonesia tapi yang bisa diterima dunia , agar nama Indonesia berkibar layak Korea dengan  Gangnam Stylenya atau Harlem Shake yang asalnya dari Ethiopia ?.
Sepertinya Gangnam sudah mulai menurun dan Harlem ,… mmm, kurang menarik.
Mudah2-an kini giliran Indonesia untuk menggebrak dunia dengan tarian hebohnya.
M-a-j-u    I-n-d-o-n-e-s-i-a  ,…rebut tempat itu ,… pasti sukses.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar